News & Events

Warek Bidak Untad Lepas 217 Mahasiswa Program Kampus Mengajar 5

Rabu (15/02/2023) – Pusat Pengembangan (Pusbang) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 5, bertempat di Aula Pascasarjana Untad.

Kegiatan pelepasan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa untad peserta program Kampus Mengajar 5 yang berjumlah 217 orang.

217 mahasiswa itu akan disebar ke 8 Kabupaten/Kota lingkup Provinsi Sulawesi Tengah diantaranya di Kota Palu sebanyak 173 orang, Kabupaten Sigi 13 orang, Kabupaten Donggala 10 orang, Kabupaten Tolitoli 7 orang, Kabupaten Poso 6 orang, Kabupaten Parigi Moutong 4 orang, Kabupaten Morowali Utara 3 orang, Kabupaten Banggai 1 orang.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek, BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Kadisdikbud Kabupaten/Kota, Dekan, Unit MBKM, serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) program Kampus Mengajar 5 Universitas Tadulako.

Ketua Pusbang MBKM Untad, Prof. Drs. Anang Wahid M Diah, M.Si., Ph.D dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan program kampus mengajar merupakan salah satu bentuk support terhadap kebijakan Kemendikbudristek.

“Universitas Tadulako telah berperan serta, mensupport kebijakan Kemendikbudristek  dalam hal mentransformasi pendidikan melalui kegiatan kampus menegajar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Prof Anang juga menyerukan agar para peserta kampus mengajar yang berasal dari berbagai background akademik, bisa berkontribusi sesuai kompetensi dan kemampuannya dalam pengembangan pendidikan di tempat tugas masing-masing.

Sementara itu, Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya membuka acara pelepasan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang turut serta mendukung program kampus mengajar.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak dinas pendidikan kabupaten/kota yang tentunya berpartisipasi dalam kegiatan MBKM ini. Mudah-mudahan anak kami ini bisa terkawal, bisa dijaga dengan baik, terbangun komunikasi sehingga misi dan tujuan dari program kampus mengajar ini bisa terlaksana dengan baik,” ucap Dr Lukman.

“Kami di Universitas Tadulako terus mendorong, mendukung, memfasilitasi setiap upaya-upaya yang berkaitan dengan MBKM sehingga program pemerintah itu betul-betul kita kawal, kita jaga, dan kita sukseskan,” lanjutnya.

Melalui kesempatan tersebut juga, Warek Bidak berharap para mahasiswa bisa menjalankan kegiatan ini dengan baik, penuh kesungguhan, tidak membawa hal yang justru menimbulkan masalah di sekolah.

“Jadilah orang-orang yang bisa menyelesaikan masalah di sekolah, bisa menjadi penerang dan pencerah, bisa melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik, sehingga betul-betul memberi kesan bahwa kehadiran mahasiswa melalui kampus mengajar di sekolah memberikan manfaat yang luar biasa,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Dr Lukman menyampaikan selamat kepada para dosen pembimbing lapangan yang telah terpilih untuk berkontribusi dalam kegiatan kampus mengajar 5.

“Selamat kepada para dosen pembimbing lapangan. Yang terpilih ini adalah orang-orang pilihan, mempunyai komitmen, kemampuan dan kepedulian terhadap program kampus mengajar,” tuturnya.

Nonton selengkapnya di https://www.youtube.com/live/TKr1oK4EM2A?feature=share