News & Events

MBKM UNTAD – Rabu,(17/01/2024) Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melakukan kegiatan Pembekalan dan Pelepasan PMM 4 Outbound Universitas Tadulako (UNTAD) di Sutan Raja hotel Palu Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik  Dekan Fakultas dan Unit MBKM di lingkup Untad

Wakil Rektor bidang akademik Universitas Tadulako bapak Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc memberikan sambutannya sekaligus melepas 283 mahasiswa yang lolos di Perguruan Tinggi masing – masing.  “Kegiatan PMM 4 ini tentu akan bermanfaat karena, kita dapat melihat bagaimana kondisi daerah lain, bagaimana pola pembelajaran di Universitas lain sehingga memberikan manfaat kepada adik-adik khususnya pengembangan Soft Skill” Ucapnya dalam sambutan

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pasundan Bandung bapak Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T. Dalam hal ini menerima secara simbolis mahasiswa PMM 4 Outbound Untad.  Bapak Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T. memberikan pesan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini yaitu “Di mana bumi di Pijak di situ langit dijunjung” ada nilai-nilai kearifan lokal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa” ucap Warek akademik Universitas Pasundan.

Selanjutnya, ada 3 rangkaian kegiatan utama yakni pembekalan materi yang disampaikan oleh Kepala Pusat MBKM Untad bapak Prof. Drs. Anang WM Diah M.Si., Ph.D. lalu dilanjutkan dengan bimbingan Teknis Sitampan oleh saudara Ali Akbar sebagai Duta Kampus Merdeka, serta rangkaian kegiatan Sharing Session oleh alumni PMM batch 3. 

Pada pembekalan materi yang disampaikan oleh bapak Prof Drs. Anang WM Diah M.Si., Ph.D dan di moderatori oleh bapak Ir. Syahrullah M.Kom mengatakan bahwa pada program pertukaran Mahasiswa Merdeka adik – adik tidak hanya diajarkan pada touring atau pengetahuan bahwa Indonesia itu kaya. Program MBKM ini dapat meningkatkan kompetensi soft skill dan hard skill mahasiswa. Pada pembekalan ini juga Kepala Pusat MBKM Untad menjelaskan mengenai persiapan keberangkatan , persiapan kepulangan, linimasa dan journey PT Penerima, serta bobot SKS, kesetaraan dan penilaiannya.

Setelah itu dilajutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis yang dibawakan oleh saudara Ali Akbar dan dimoderatori oleh saudara Asyraf Dhiahul Haq. Materi yang dijelaskan oleh saudara Ali Akbar mengenai proses ber-KRS di Sitampan.

Kemudian Sharing Session  oleh mahasiswa alumni Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 yaitu Moh. Dwi Cahyadi Ardiansyah yang bertukar di Universitas Pertanian Bogor dan Citra Tri Wulandari di Universitas Negeri Medan.  Mereka meceritakan pengalaman selama melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Perguruan Tinggi penerima.

Selanjutnya kegiatan ini ditutup dengan pembuatan konten yang dilakukan oleh peserta Pembekalan dan Pelepasan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4 dengan penuh anutuasias.