News & Events

MBKM UNTAD Melaksanakan Workshop Duta Kampus Merdeka

MBKM UNTAD – Sabtu,(27/42/2024) Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melaksanakan Workshop Duta Kampus Merdeka (DKM) Universitas Tadulako (UNTAD), bertempat di Aula Pascasarjana lantai 3 Untad.

Dalam Workshop kali ini dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi diantaranya, Dr. Ir. Rusydi., M.Si (Wakil Rektor Bidang Keungan & Umum), Dr. H. Lukman., M.Hum (Kepala LPPM), Prof. Drs. Anang WM Diah., M.Si., Ph.D (Kepala Pusat MBKM), serta para  Pembina DKM di setiap Fakultas.

Kegiatan Workshop Duta Kampus Merdeka atau DKM ini, bertujuan untuk mendukung akselerasi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM di lingkungan Universitas Tadulako. 

DKM  adalah sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa dan merupakan alumni dari program MBKM baik yang berasal dari flagship Kementerian maupun Mandiri, komunitas ini dibentuk sebagai pilar utama dalam mendukung implementasi MBKM. Tegasnya Ketua Panitia, Andi Pertiwi D. 

Sementara itu, mahasiswa yang menjadi duta-duta adalah perwakilan dari prodi masing-masing untuk membimbing adik-adik lain untuk mengikuti program Kampus Merdeka agar mahasiswa lain dapat berpartisipasi, Kata, Rusydi dalam sambutanya.

Tentu anak-anakku sekalian yang akan akan melaksanakan ini tentu kita harapkan lebih tangguh daripada adik-adiknya, sehingga apa yang disampaikan oleh pak rektor yaitu Unggul, Tangguh, dan Adaptif, betul-betul bisa terlaksana dengan baik. Ujar, Rusydi.

Sehingga pencapaian visi yang diinginkan oleh pak Rektor periode ini, itu bisa terlaksana dengan baik saya kira kita masih perlu untuk membangun kerja sama yang baik berkoordinasi dengan semua lini agar pelaksanaan MBKM ini bisa semakin hari semakin meningkat sehingga Untad, semakin dikenal. Tegasnya.

Jumlah Duta Kampus Merdeka Untad pada tahun 2024 ini adalah 70 orang, diantaranya sebagai berikut FKIP, 11 orang, FISIP, 6 orang, FEB, 7 orang, FH,8 orang, FAPERTA, 4 orang, FATEK, 17 orang, FMIPA, 3 orang, FAHUTAN, 4 orang, FAPETKAN, 5 orang, dan FKM, 10 orang.

Pada Workshop tersebut semua para DKM akan dibekali dengan materi-materi yang sangat luar biasa pastinya agar nanti pada saat penugasan bisa lebih memahami peran serta tugas dari DKM itu sendiri.

sebelum masuk pada sesi materi pada kegiatan tersebut Pusat MBKM juga melakukan Launching website DKM, harapannya agar nanti para mahasiswa yang ingin bertanya seputar tentang kampus merdeka, bisa melihat perwakilan DKM dari prodi atau fakultas masing-masing. silahkan mengunjung laman dkm.github.io/web 

selanjutnya para DKM dibekali materi-materi yang sangat luar biasa, diantaranya materi pertama akan disampaikan oleh Kepala Pusat MBKM Prof. Drs. Anang WM Diah., M.Si., Ph.D, yang berfokus kepada Peran Duta Kampus Merdeka. Kemudian materi kedua Program Kerja DKM dalam akselerasi Kampus Merdeka di Universitas Tadulako, yang disampaikan oleh Dr. Ir. Andi Pertiwi D. S.Pt., M.Si.

Para Duta tersebut tidak hanya menerima materi, mereka juga melakukan Focus Group Discussion (FGD) rencana program kerja DKM per divisi dan diakhiri dengan Presentasi Hasil FGD per divisi.

apabarcabinatangmenggambarapaaparumusispasepatuslotjadwalkehamilancuan188alprediksimotogpgambarpialabuytimnasdominooktokono233hakobs188higgsparsel